Tanaman Obat Kunir Putih

Tanaman obat kunir putih memiliki nama ilmiah Curcuma alba Linn atau Curcuma mangga Val. Tanaman ini dikenal dengan nama daerah temu mangga, temu lalab, temu  pauh, koneng joho, koneng lalab, koneng pare, temu bayangan, dan temu paoh. Kunir putih adalah tanaman yang berbeda dengan kunir putih atau temu gembyok (Kaemprefia rotunda) dan temu putih (Curcuma zeodaria Roscoe), meskipun ketiganya termasuk kea lam family Zingiberaceae. Ciri-ciri spesifik kunir pputih adalah helaian daunnya berwarna hijau muda sampai hijau tua. Kulit rimpang berwarna putih saat masih segar dan menjadi kuning kecokelatan setelah kering. Daging rimpangnya berwarna kuning mudua dengan aroma harum seperti buah mangga. Berbeda dengan rimpang temu putih, rimpang kunir putih sangat mudah dipatahkan (getas), rasanya tidak pahit dan rimpang muda enak dimakan sebagai lalapan. Bagian tanaman yang digunakan untuk obat adalah rimpangnya.

Kandungan kimia yang sudah diketahui dalam tanaman obat kunir putih antara lain saponin, polifenol, curcumin, 2-norbomane, 3-methylene, caryophylen oxcide, cyclopentane acetaldehyde, caryophylen, dan cinnamyltiglate. Tanaman ini memilikis ifat sebagai hemostatis (menghentikan pendarahan) menambah nafsu makan, analgesic, antitoksik dan mempercepat pertumbuhan luka. Curcumin yang terkandung dalam rimpang kunirputih bermanfaat sebagai antitumor dan anti-inflamasi (antiradang). Sementara itu, saponin berkhasiat sebagai antineoplastik (antikanker) dan polifenol berfungsi sebagai antioksidan. Selain itu, kunir putih juga sangat bermanfaat untuk menyembuhkan luka akibat kanker dan tumor.

Tanaman obat kunir putih untuk mengobati penyakit diabetes melitus disertai keluhan hipertropi prostat bisa dilakukan dengan ramuan dibawah ini :

Bahan : Dua puluh satu lembar daun mimba kering, dua puluh gram herba rumput mutiara kering, sepuluh gram herba pegagan kering, sepuluh gram herba sambiloto kering dan satu ons rimpang segar kunir putih yang sudah dicuci dan diiris tipis.

Cara membuat : Semua bahan direbus dalam lima gelas air hingga menjadi tiga gelas.

Mengobati penyakit kanker payudara juga dapat dilakukan dengan ramuan tanaman obat kunir putih dibawah ini :

Bahan : 60 g temu putih segar, 60 g temu mangga (kunir putih) segar, 50 g keladi tikus segar

Cara membuat adalah : Cuci bersih semua bahan, lalu jus atau blender dengan menambah 150 cc air. Saring airnya dan panaskan dengan api kecil hingga mendidih. MInum setelah dingin.


=====================================

>>> Kapsul Kunir Putih Mencegah Dan Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker, Meredakan Sakit Maag dan Nyeri Lambung , Mengecilkan Rahim dan Penambah Nafsu Makan, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================
This entry was posted in Kunir Putih, Manfaat Kunir Putih and tagged , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>