Tanaman Obat Kunir Putih

Tanaman Obat Kunir Putih – Tanaman obat kunir putih memiliki nama ilmiah Curcuma alba Linn atau Curcuma mangga Val. Tanaman ini dikenal dengan nama daerah temu mangga, temu lalab, temu  pauh, koneng joho, koneng lalab, koneng pare, temu bayangan, dan temu paoh. Kunir putih adalah tanaman yang berbeda dengan kunir putih atau temu gembyok (Kaemprefia rotunda) dan temu putih (Curcuma zeodaria Roscoe), meskipun ketiganya termasuk kea lam family Zingiberaceae. Ciri-ciri spesifik kunir pputih adalah helaian daunnya berwarna hijau muda sampai hijau tua. Kulit rimpang berwarna putih saat masih segar dan menjadi kuning kecokelatan setelah kering. Daging rimpangnya berwarna kuning mudua dengan aroma harum seperti buah mangga. Berbeda dengan rimpang temu putih, rimpang kunir putih sangat mudah dipatahkan (getas), rasanya tidak pahit dan rimpang muda enak dimakan sebagai lalapan. Bagian tanaman yang digunakan untuk obat adalah rimpangnya.

Tanaman Obat Kunir Putih

Tanaman Obat Kunir Putih

Tanaman Obat Kunir Putih

Kandungan kimia yang sudah diketahui dalam tanaman obat kunir putih antara lain saponin, polifenol, curcumin, 2-norbomane, 3-methylene, caryophylen oxcide, cyclopentane acetaldehyde, caryophylen, dan cinnamyltiglate. Tanaman ini memilikis ifat sebagai hemostatis (menghentikan pendarahan) menambah nafsu makan, analgesic, antitoksik dan mempercepat pertumbuhan luka. Curcumin yang terkandung dalam rimpang kunirputih bermanfaat sebagai antitumor dan anti-inflamasi (antiradang). Sementara itu, saponin berkhasiat sebagai antineoplastik (antikanker) dan polifenol berfungsi sebagai antioksidan. Selain itu, kunir putih juga sangat bermanfaat untuk menyembuhkan luka akibat kanker dan tumor.

Kandungan Zat Aktif Kunir Putih

Kunir putih mempunyai kandungan senyawa aktif seperti :

1. Kurkuminoid

2. Minyak atsiri.

3. Polisakarida

4. Zedoarin

5. Kurdiona

6. Kurkumol

7. Kurkuminoid yang telah diketahui, meliputi kurkumin, desmektosikurkumin, bisdemetoksikurkumin, 1,7-bis (4-hidroksifenil)-1,4,6-heptatrien-3-on.

Pada bagian rimpamg kunir putih mengandung riboisme protein aktif ( RIP ) yakni protein toksis dan kurkumin, senyawa itulah yang sangat berkhasiat untuk menghambat penyebaran dan pertumbuhan sel kanker, dan mencegah kerusakan gen yang menjadi salah satu penyebab timbulnya kanker. Antioksidan yang banyak di dapat dari imunomodulator, zat ini mampu memperbanyak jumlah limfosit,meningkatkan toksisitas sel pembunuh kanker dan sintesis antibodi spesifik. Kunir Putih juga berkhasiat sebagai anti Diare dan Disentri dan tidak dapat mengobati kanker.

Ramuan Tanaman Obat Kunir Putih

Tanaman obat kunir putih untuk mengobati penyakit diabetes melitus disertai keluhan hipertropi prostat bisa dilakukan dengan ramuan dibawah ini :

Bahan : Dua puluh satu lembar daun mimba kering, dua puluh gram herba rumput mutiara kering, sepuluh gram herba pegagan kering, sepuluh gram herba sambiloto kering dan satu ons rimpang segar kunir putih yang sudah dicuci dan diiris tipis.

Cara membuat : Semua bahan direbus dalam lima gelas air hingga menjadi tiga gelas.

Mengobati penyakit kanker payudara juga dapat dilakukan dengan ramuan tanaman obat kunir putih dibawah ini :

Bahan : 60 g temu putih segar, 60 g temu mangga (kunir putih) segar, 50 g keladi tikus segar

Cara membuat adalah : Cuci bersih semua bahan, lalu jus atau blender dengan menambah 150 cc air. Saring airnya dan panaskan dengan api kecil hingga mendidih. MInum setelah dingin.

Berikut ini aldah cara tradisional meracik kunir putih, untuk beberapa macam penyakit :

Masuk angin:
– Ambil 200 gram kunir putih yang telah dicuci bersih. Kupas dan parut lalu diambil airnya. Sebelum diminum sebaiknya hasil rebusan dipanasi agar terasa hangat. Jika ingin sedikit manis dapat ditambah madu secukupnya.

Gangguan pencernaan:

– Ambil satu rimpang kunir putih ukuran sedang, kemudian cuci bersih dan kupas. Setelah itu dapat langsung dikunyah.

Kanker :
– Rebus kunir putih yang telah dikupas kulitnya, rebus hingga mendidih dan tercium aroma wangi dari kunir putih, lalu saring kunir putih, diminum dalam sajian hangat bila perlu ditambah dengan madu atau dapat dibuat serbuk jamu dengan cara parut dan atau tumbuk kunir putih lalu jemur, serbuk dapat digunakan sebagai minuman jamu.

Obat Keputihan :
– Buat kunir putih menjadi serbuk atau rebus rimpang kunir putih dalam air mendidih. Lalu saring dan siap disajikan dalam minuman yang hangat.

Obat luar :
– Ambil beberapa rimpang kunir putih, kupas, lalu tumbuk atau parut. Campur dengan asam kawak. Balurkan bubuk atau hasil parutan campuran kedua bahan tersebut ke bagian kaki yang sakit, linu, maupun bengkak. Agar lebih hangat dan lembut, campur dengan minyak kelapa.

Minuman kesehatan :

– Ambil rimpang kunyit kurang lebih 100 gr atau secukupnya. Parut untuk kemudian diambil airnya. Tambahkan madu agar rasanya agak manis. Minum sehari sekali. Ramuan ini juga dapat digunakan untuk memperlancar aliran air seni, obat diare.

Untuk memar, keseleo, bisul yang sulit pecah :
– Cukup borehkan parutan rimpang kunir putih pada bagian tubuh tersebut. Masyarakat tradisional juga kerap menggunakan gilingan rimpang yang menjadi serbuk dan dikeringkan sebagai bedak.

Tanaman Obat Kunir Putih

CARA PEMESANAN KAPSUL HERBAL KUNIR PUTIH

Kapsul Herbal Kunir Putih
Mencegah Dan Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker , Meredakan Sakit Maag dan Nyeri Lambung, Mengecilkan Rahim dan Penambah Nafsu Makan


1 Botol Kapsul Kunir Putih Isi 60 Kapsul Harga Rp.95.000

Cara Pemesanan Cepat :

SMS ke 0878-8856-6863, tuliskan : Pesan Kapsul Kunir Putih, Jumlah Botol, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap ( untuk menentukan ongkos kirim )


=====================================

>>> Kapsul Kunir Putih Mencegah Dan Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker, Meredakan Sakit Maag dan Nyeri Lambung , Mengecilkan Rahim dan Penambah Nafsu Makan, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================
This entry was posted in Kunir Putih and tagged , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>